Senin, 23 Agustus 2010

Usia berapa kamu akan menikah ?

akhir-akhir ini saya baru menyadari kalau begitu banyak teman saya yang sudah menikah. ini sungguh tak diduga-duga. saya pikir dari latar belakang SMA dan perkuliahan saya, teman-teman akan memilih untuk melajang dulu, berkarir, baru akan menikah selepas usia 25. atau mungkin 30an bagi teman pria. tapi ternyata saya salah. bahkan seorang teman yang baru saja menikah dua bulan lalu adalah orang yang disangka-sangka akan menikah nanti-nanti oleh banyak teman.

apa tidak terlalu muda?
pikir saya. iya, apa tidak terlalu muda? hey, saya baru akan 23 di bulan Oktober nanti. itu artinya teman-teman saya juga baru berada di kisaran 23. kenapa mereka menikah semuda itu? masih tidak bisa saya mengerti. seorang teman mengaku jujur bahwa seks menjadi salah satu faktor utama dari banyak faktor lain yang membuat ia ingin segera menikah. tapiii... gosh... saya pikir kok dangkal sekali sih kalau menghalalkan seks menjadi salah satu faktor utama untuk menikah. no offens, hanya saja, entahlah ya... saya pikir esensinya haruslah lebih dari itu. you're not only share the same bed in your whole life with the same guy, but also share the bad. apa yang membuat mereka menikah terlalu muda?
(tapi jujur saya yakin mereka pasti juga sudah memikirkannya masak-masak)

menikah..
bukan hanya sibuk-sibuk dihadapan penghulu. bukan sekadar mengurus buku nikah dan segala administrasi. bukan sekadar tersenyum dengan pakaian bagus, sajian hidangan serta tetamu yang berpakaian bagus.
bukan sekadar berjanji akan menemani dalam susah atau pun senang. tapi juga menjalani dalam susah ataupun senang.
iya kan?

dan omong-omong soal cinta, bukannya juga cinta bisa hilang?
iya, cinta bisa dirawat, tapi, we're just 23, we're not revealing this world yet. dari mana kita tahu kalau cinta yang ini akan berhasil dan terus begini ketika umur kita 56? bukankah kita masih terlalu muda dan berpacu dengan hormon?

ah, segala urusan pernikahan ini agak aneh...
setelah menulis tulisan ini saya jadi kemakan tulisan saya ini. tapi setidaknya hingga sekarang saya masih berfikir untuk menikah minimal selepas ulang tahun yang ke 24/ 25.

Tidak ada komentar: